RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMK.AGUSTRA COSANDI
Mata Pelajaran :
STATER
Kelas/Semester :X/1
Materi Pokok :
MENGIDENTIFIKASI SISTEM STATER
Alokasi Waktu : 4 × 45
menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkunagan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang memahami
fungsi dan bentuk garis serta
menerapkannya dalam pemecahan masalahsesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan fungsi
dan bentuk garis
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah secara mandiri, dan metoda sesuai
keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Menghayati dan
mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi
internal, kemampuan
bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percayadiri,
dan sikap toleransi dalam
perbedaan strategi
berpikir dalam
memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan
masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan perilaku
peduli lingkungan.
3.1 Mengidentifikasi sistem
stater
3.1.1 Menjelaskan fungsi stater.
3.1.2 Menjelaskan mekanisme
stater.
4.1 Operhoul sistem stater
4.1.1 Memperbaiki sistem stater
4.1.2 Menempatkan
komponen-komponen stater
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran peserta didik dapat :
1. Menjelaskan
kembali defenisi sistem stater
2. Menjelaskan mekanisme sistem stater
3. Memperbaiki sistem stater
4. Menempatkan komponen-komponen sistem stater pada tempatnya
D.
Materi gambar teknik
Definisi Sistem stater
Sistem stater
berfungsi sebagai pemutar fully(roda gila) pertama kali hinga mesin hidup.
Komponen-komponen sistem stater
stater
terdiri dari beberapa komponen yaitu ;
·
Yoke
berfungsi sebagai penompang dari core berbentuk silinder
yang terbuat dari logam
·
Kumparan medan atau field coil
berfungsi untuk membangkitkan medan magnet.
·
Armature berfungsi untuk merubah
energi listrik menjadi mekanik, dalam bentuk gerak putar
·
Sikat berfungsi untuk meneruskan
arus dari field coil ke armature coil dan langsung ke massa melalui komutator.
·
Armatur braje berfungsi sebagai
pengereman putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan roda penerus.
·
Drive lever berfungsi untuk mendorong
pinion gear ke arah posisi berkaitan dengan roda penerus. Dan melepas perkaitan
pinion gear dari perkaitan roda penerus.
·
Starter Cltuch berfungsi untuk
memindahkan momen puntir dari armature saft kepada roda penerus, sehingga dapat
berputar. Starter clutch juga berfungsi sebagai pengaman dari armature coil
bilamana roda penerus cenderung memutarkan pinion gear.
·
Pinion gear berfungsi untuk
meneruskan momen puntir dari starter clutch ke roda penerus atau ring gear.
·
Switch atau sakelar magnet digunakan
untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke/dari roda penerus, sekaligus
mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuit motor starter melalui terminal
utama.
Rangkaian kabel pada stater
·
Terminal B : Mendapatkan arus langsung
dari positif baterai (30)
·
Terminal C : Menghubungkan/mengalirkan
arus dari terminal B ke kumparan medan (field coil)
·
Terminal ST (50) : Mendapatkan arus
dari terminal ST (50) kunci kontak dan meneruskanya ke pull in coil (PIC) dan
hold in coil (HIC) melalui plat kontak
Contoh komponen-komponen stater
Contoh rangkaian stater dan komponenny
a
E. Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan
Pembelajaran : Pendekatan saintifik
(scientific).
Strategi
Pembelajaran : Kooperatif Learning
Model
Pembelajaran : STAD
Metode
Pembelajaran : Ceramah, diskusi,
tanya jawab, pengamatan dan penugasan
F. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
ke-11-12
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran.
2. Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai.
4. Melakukan
apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa kemateri yang
akan dipelajari
5.
Membagi siswa dalam
kelompok
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
a. Mengamati
1. Siswa
melakukan pengamatan untuk mempelajari materi sistem
stater.
2. Siswa
diarahkan untuk mempelajari materi tersebut.
b. Menanya
1. Siswa
diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi sistem stater
yang telah dipelajari dari buku pegangan siswa maupun dari
sumber lain.
2. Siswa
diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui
dari materi yang dipelajari.
c. Menalar
1. Siswa mendiskusikan tentang kegunaan dan fungsi tiap-tiap komponen stater.
2. Selama
siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua
untuk terlibat dalam diskusi.
3. Salah
satu kelompok diminta untuk menampilkan hasil diskusi didepan kelas dan
kelompok yang lain menanggapi.
4. Guru
mengumpulkan semua hasil diskusi.
d.
Mencoba
1. Siswa mencoba pada permasalahan lain atau soal yang relevan yang terdapat dalam kelas atau lingkungan sekitar untuk mendapatkan
pemahaman yang sama dalam materi sistem stater.
e. Jejaring
1. Dengan
tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai macam-macam garis gambar teknik.
2. Guru
memberikan soal yang terkait dengan sistem stater,siswa
dan guru memberikan penjelasan tentang sistem stater dengan
benar.
|
150
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa
diminta menyimpulkan tentang kegunaan
sistem stater.
2.
Guru
memberikan beberapa soal sebagai tugas / PR mengenai sistem stater.
3.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
|
15 menit
|
G.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
a.
White Board
b.
Spidol
c.
Lembar penilaian
Sumber
Pembelajaran
a. Buku sistem stater siswa
b. Buku otomotif yang relevan
H. Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian :
pengamatan, tes tertulis
2. Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran sistem
stater
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat
diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan
kembali definisi sistem
stater.
b. Menentukan hasil garis yang digunakan dalam
mengambar suatu benda.
|
Pengamatan
dan tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip yang berkaitan dengan bentuk dan fungsi garis.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik
individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
I.
Instrumen
Penilaian Hasil belajar
Tes tertulis
1.
Buatlah
gambar dibawah ini dan jelaskan fungsi macam-macam garis yang ter dapat pada
gambar tersebut?
Kunci Jawaban :
Gambar :
1).garis tebal kontinyu adalah garis yang digunakan untuk
membuat garis tepi, garis gambar dan garis nyata lainnya.(gambar no.1)
2).garis kontinyu tipis adalah garis yang digunakan untuk garis,garis arsir,dan garis proyeksi
serta garis bantu dan garis ukur. (gambar no.2, no.6,
no.7)
3).garis kontinyu bebas adalah garis batas dari pemotongan sebagian(gambar no.3)
4). garis gores tipis adalah
menyatakan garis gambar yang tidak terlihat/terhalang.
(gambar no.4)
5). garis sumbu
(garis bertitik tipis) adalah garis sumbu gambar (gambar no.5)
ATURAN PENSKORAN
TES TERTULIS
NO
SOAL
|
SKOR MAKSIMAL
|
KETERANGAN
|
Skor
|
1.
|
40
|
* Jika jawaban lengkap dan benar
* Jika jawaban kurang
lengkap
* Jika menjawab dengan salah
|
40
20
10
|
2.
|
40
|
* Jika jawaban lengkap dan benar
* Jika jawaban kurang
lengkap
* Jika menjawab dengan salah
|
40
20
10
|
3.
|
20
|
* Jika jawaban lengkap dan benar
* Jika jawaban kurang
lengkap
* Jika menjawab dengan salah
|
20
10
5
|
Jumlah Skor
|
100
|
Mengetahui Palembang, 2014
Kepala Sekolah Guru
Drs.
H. Darlius, MM, M.Pd AGUSTRA
COSANDI
LEMBAR KERJA KELOMPOK
MATA
PELAJARAN : GAMBAR TEKNIK
KELAS : X (
............................)
MATERI
AJAR : KEGUNAAN DAN BENTUK GARIS
NAMA
ANGGOTA KELOMPOK : ………………...................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................
Petunjuk :
- Sebelum kamu mengerjakan tugas kelompok, bacalah keterangan soal di bawah ini.
-. Isilah titik-titik dibawah ini
Kegunaan dan bentuk
garis
Tuliskan
kegunaan garis tersebut?...................................
Tuliskan kegunaan garis tersebut?....................................
Tuliskan kegunaan garis tersebut?....................................
Tuliskan kegunaan garis tersebut?......................................
Tuliskan kegunaan garis tersebut?.....................................
buat gambar
Buatlah contoh
suatu gambar benda dalam tiap masing-masing garis di atas……………………………………..
Buatlah contoh
satu gambar benda dan 5 garis di atas harus tercantum semua dalam gambar benda
tersebut……………………………………………………………………………………………………………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar