Kamis, 15 Mei 2014

contoh RPP,kurikulum 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Sekolah                   : SMK.AGUSTRA COSANDI
Mata Pelajaran        : STATER
Kelas/Semester       :X/1
Materi Pokok          : MENGIDENTIFIKASI SISTEM STATER
Alokasi Waktu        : 4 × 45 menit

A.       Kompetensi Inti :
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunagan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang  memahami fungsi dan bentuk garis serta menerapkannya dalam pemecahan masalahsesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan fungsi dan bentuk garis serta menerapkannya dalam pemecahan masalah secara mandiri, dan metoda sesuai keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1   Menghayati dan mengamalkan agama yang dianutnya.
2.1   Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2   Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1   Mengidentifikasi sistem stater
3.1.1  Menjelaskan fungsi stater.
3.1.2  Menjelaskan mekanisme stater.
4.1   Operhoul sistem stater
4.1.1  Memperbaiki sistem stater
4.1.2  Menempatkan komponen-komponen stater

C.       Tujuan Pembelajaran
 Setelah pembelajaran peserta didik dapat :
1.    Menjelaskan kembali defenisi sistem stater
2.    Menjelaskan mekanisme sistem stater
3.    Memperbaiki sistem stater
4.    Menempatkan komponen-komponen sistem stater pada tempatnya

D.        Materi gambar teknik
Definisi Sistem stater
Sistem stater berfungsi sebagai pemutar fully(roda gila) pertama kali hinga mesin hidup.
Komponen-komponen sistem stater
                stater terdiri dari beberapa komponen yaitu ;
·         Yoke berfungsi sebagai penompang dari core berbentuk silinder yang terbuat dari logam
·         Kumparan medan atau field coil berfungsi untuk membangkitkan medan magnet.
·         Armature berfungsi untuk merubah energi listrik menjadi mekanik, dalam bentuk gerak putar
·         Sikat berfungsi untuk meneruskan arus dari field coil ke armature coil dan langsung ke massa melalui komutator.
·         Armatur braje berfungsi sebagai pengereman putaran armature setelah lepas dari perkaitan dengan roda penerus.
·         Drive lever berfungsi untuk mendorong pinion gear ke arah posisi berkaitan dengan roda penerus. Dan melepas perkaitan pinion gear dari perkaitan roda penerus.
·         Starter Cltuch berfungsi untuk memindahkan momen puntir dari armature saft kepada roda penerus, sehingga dapat berputar. Starter clutch juga berfungsi sebagai pengaman dari armature coil bilamana roda penerus cenderung memutarkan pinion gear.
·         Pinion gear berfungsi untuk meneruskan momen puntir dari starter clutch ke roda penerus atau ring gear.
·         Switch atau sakelar magnet digunakan untuk menghubungkan dan melepaskan pinion gear ke/dari roda penerus, sekaligus mengalirkan arus listrik yang besar pada sirkuit motor starter melalui terminal utama.
Rangkaian kabel pada stater
·         Terminal B : Mendapatkan arus langsung dari positif baterai (30)
·         Terminal C : Menghubungkan/mengalirkan arus dari terminal B ke kumparan medan (field coil)
·         Terminal ST (50) : Mendapatkan arus dari terminal ST (50) kunci kontak dan meneruskanya ke pull in coil (PIC) dan hold in coil (HIC) melalui plat kontak
Contoh komponen-komponen stater


Contoh rangkaian stater dan komponenny a


E.    Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran : Pendekatan saintifik (scientific).
Strategi Pembelajaran       : Kooperatif Learning
Model Pembelajaran         : STAD
Metode Pembelajaran       : Ceramah, diskusi, tanya jawab, pengamatan dan penugasan

F.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-11-12
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.     Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
2.     Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
4.     Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan untuk mengarahkan siswa kemateri yang akan dipelajari
5.     Membagi siswa dalam kelompok

15 menit
Kegiatan Inti
a.   Mengamati
1.    Siswa melakukan pengamatan untuk mempelajari materi sistem stater.
2.    Siswa diarahkan untuk mempelajari materi tersebut.
b.      Menanya
1.    Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi sistem stater yang telah dipelajari dari buku pegangan siswa maupun dari sumber lain.
2.    Siswa diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari.
c.       Menalar
1.    Siswa mendiskusikan tentang kegunaan dan fungsi tiap-tiap komponen stater.
2.    Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong siswa semua untuk terlibat dalam diskusi.
3.    Salah satu kelompok diminta untuk menampilkan hasil diskusi didepan kelas dan kelompok yang lain menanggapi.
4.    Guru mengumpulkan semua hasil diskusi.
d.         Mencoba
1.    Siswa mencoba pada permasalahan lain atau soal yang relevan yang terdapat dalam kelas atau lingkungan sekitar untuk mendapatkan pemahaman yang sama dalam materi sistem stater.
e.       Jejaring
1.    Dengan tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai macam-macam garis gambar teknik.
2.    Guru memberikan soal yang terkait dengan sistem stater,siswa dan guru memberikan penjelasan tentang sistem stater dengan benar.

150 menit
Penutup
1.    Siswa diminta menyimpulkan tentang kegunaan sistem stater.
2.    Guru memberikan beberapa soal sebagai tugas / PR mengenai sistem stater.
3.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.

15 menit

G.      Alat/Media/Sumber Pembelajaran
a.    White Board
b.    Spidol
c.    Lembar penilaian

Sumber Pembelajaran
a.       Buku sistem stater siswa
b.       Buku otomotif yang relevan

H.      Penilaian Hasil Belajar
1.     Teknik Penilaian          : pengamatan, tes tertulis
2.     Prosedur Penilaian      :
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran sistem stater
b.      Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
2.
Pengetahuan
a.       Menjelaskan kembali definisi sistem stater.
b.      Menentukan hasil garis yang digunakan dalam mengambar suatu benda.

Pengamatan dan tes

Penyelesaian tugas individu dan kelompok
3.

Keterampilan
a.       Terampil menerapkan konsep/prinsip yang berkaitan dengan bentuk dan fungsi garis.

Pengamatan

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

I.         Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis

1.      Buatlah gambar dibawah ini dan jelaskan fungsi macam-macam garis yang ter dapat pada gambar tersebut?
Kunci Jawaban :
Gambar :
1).garis tebal kontinyu adalah garis yang  digunakan untuk membuat garis tepi, garis gambar dan garis nyata lainnya.(gambar no.1)
2).garis kontinyu tipis adalah garis yang digunakan untuk garis,garis arsir,dan garis proyeksi serta garis bantu dan garis ukur. (gambar no.2, no.6, no.7)
3).garis kontinyu bebas adalah garis batas dari pemotongan sebagian(gambar no.3)
4). garis gores tipis adalah menyatakan garis gambar yang tidak terlihat/terhalang. (gambar no.4)
5). garis sumbu (garis bertitik tipis) adalah garis sumbu gambar (gambar no.5)





ATURAN PENSKORAN TES TERTULIS
NO   SOAL
SKOR MAKSIMAL
KETERANGAN
Skor
1.
40
* Jika jawaban lengkap dan benar
* Jika jawaban kurang lengkap
* Jika menjawab dengan salah
40
20
10
2.
40
* Jika jawaban lengkap dan benar
* Jika jawaban kurang lengkap
* Jika menjawab dengan salah
40
20
10
3.
20
* Jika jawaban lengkap dan benar
* Jika jawaban kurang lengkap
* Jika menjawab dengan salah
20
10
5
Jumlah Skor
100



Mengetahui                                                                                         Palembang,                  2014
Kepala Sekolah                                                                                               Guru
                                                                                                           

           
Drs. H. Darlius, MM, M.Pd                                                             AGUSTRA COSANDI

















LEMBAR KERJA KELOMPOK
MATA PELAJARAN      : GAMBAR TEKNIK
KELAS                         : X ( ............................)
MATERI AJAR              : KEGUNAAN DAN BENTUK GARIS
NAMA ANGGOTA KELOMPOK : ………………...................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................


Petunjuk :
- Sebelum kamu mengerjakan tugas kelompok, bacalah keterangan soal di bawah ini.
-. Isilah titik-titik dibawah ini
Kegunaan dan bentuk garis
 
            Tuliskan kegunaan garis tersebut?...................................
            Tuliskan kegunaan garis tersebut?....................................
            Tuliskan kegunaan garis tersebut?....................................
            Tuliskan kegunaan garis tersebut?......................................
            Tuliskan kegunaan garis tersebut?.....................................
buat gambar
Buatlah contoh suatu gambar benda dalam tiap masing-masing garis di atas……………………………………..
Buatlah contoh satu gambar benda dan 5 garis di atas harus tercantum semua dalam gambar benda tersebut……………………………………………………………………………………………………………………….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar